Pemetaan dengan Citra Satelit dan Foto Udara

Diagram Lokasi SRTM

Diagram Lokasi SRTM

Pemetaan melalui media satelit dan pesawat udara, memungkinkan untuk dapat dilakukannya pemetaan secara cepat, efektif, murah dan tepat sasaran. Keberagaman detil informasi dan skala pun dapat diperoleh, disesuaikan atas kebutuhannya.
Didukung dengan diterapkannya metode akuisisi dan pemrosesan data digital berteknologi tinggi dan dukungan sumberdaya manusia yang profesional, cakap dan berpengalaman, yang berorientasi pada detil, ketelitian, kualitas, dan tepat waktu, pekerjaan pemetaan melalui media satelit dan pesawat udara ini dapat diselenggarakan oleh PT ARPINDO SEJAHTERA.
Dengan metode pemetaan ini, monitoring perkembangan suatu area, pembuatan peta dengan tema-tema khusus, dan pembuatan model elevasi digital dalam skala yang luas dapat dikerjakan. Peta-peta yang dibuat tersebut, dapat digunakan untuk membantu pekerjaan-pekerjaan khusus di bidang pertambangan, konstruksi atau sipil, perkebunan, pertanian, pertanahan, pengelolaan, perencanaan, dan sebagainya.

Pemrosesan Citra Satelit
Analisis dan interpretasi manual atau digital hasil perekaman sensor satelit penginderaan jauh, menggunakan software pengolah citra digital, untuk mendeteksi dan mengidentifikasi fenomena-fenomena penting yang terdapat pada scene citra.

Pemetaan Tematik
Pembuatan peta dengan tema khusus menggunakan sumber data primer maupun sekunder yang diintegrasikan dengan informasi spasial berupa unsur garis, area (poligon), dan titik; contohnya: peta perencanaan kota, peta cuaca, peta geologi, peta kependudukan, peta bahasa, dan sebagainya.

Fotogrametri
Pengumpulan data geospasial menggunakan teknologi pesawat dan foto udara, melakukan penyadapan, interpretasi dan pengolahan informasi spasial menggunakan metode digital atau analog stereoplotting, melakukan impor ke sistem informasi, dan melakukan uji lapangan.

Foto Udara

Foto Udara

Pemrosesan Data IfSAR
Pembuatan peta 3D dengan sumber data dari teknologi Interferometry Synthetic Aperture Radar, yang menghasilkan data DSM dan ORRI. Steroplotting dilakukan dengan menggunakan software Summit Evolution dengan teknologi komputer yang mendukung tampilan secara 3D.

Akuisisi dan Pemrosesan Data LiDAR
Light Detection & Ranging. Suatu metode pendeteksi obyek dari jarak jauh yang memanfaatkan pulsa laser untuk menemukan jarak atau informasi lainnya. Jarak ditentukan dengan mengukur selang waktu antara transmisi pulsa dan deteksi sinyal yang dipancarkan. Dalam aplikasinya di bidang pemetaan, pesawat udara digunakan untuk proses perekamannya.

Pemetaan 2D dan 3D
Pemetaan 2D dapat dilakukan dengan menggunakan foto udara medium format. Penyadapan informasi pada foto udara tersebut digambarkan secara 2 dimensi (X & Y) dalam bentuk garis, poligon dan titik menggunakan software pemetaan.
Pemetaan 3D dapat dilakukan dengan menggunakan foto udara large format, data LiDAR, data IfSAR, dan data-data dari sensor radar lainnya. Penyadapan informasi dari sumber-sumber data tersebut digambarkan secara 3 dimensi (X, Y, & Z) dalam bentuk garis, poligon dan titik menggunakan software yang mendukung pekerjaan 3 dimensi.

Detil Informasi Dapat Diperoleh
Detil informasi yang terdapat di permukaan bumi dapat diperoleh dan disajikan ke dalam bentuk peta 2 dimensi maupun peta 3 dimensi. Dengan begitu, detil obyek yang diperlukan dan ukuran dari obyek tersebut dapat dipetakan dengan akurat.

Pengambilan Keputusan dan Penentuan Kebijakan
Pada suatu kasus, perlu dilakukan pengambilan keputusan secara cepat terkait kebutuhan geospasial. Dengan bantuan citra atau foto udara, kecepatan dalam penentuan kebijakan dapat dilakukan dengan uptodate, akurat, efektif, detil dan cepat.

Perolehan Data SIG
Pekerjaan pemetaan dengan citra satelit dan foto udara merupakan salah satu cara untuk memperoleh data untuk Sistem Informasi Geografis.

Diperolehnya Akurasi dengan Biaya yang Efektif
Dengan diintegrasikannya survei permukaan dan survei udara yang berkualitas, akan menghasilkan akurasi peta dan hasil ukuran yang tinggi.

Produk untuk Berbagai Disiplin Ilmu
Produk hasil pemetaan dengan citra satelit dan foto udara digunakan oleh berbagai disiplin ilmu yang di dalam kegiatannya berkaitan dengan lahan atau permukaan bumi. Pemanfaatannya di antaranya adalah untuk:

  1. survei pendahuluan
  2. studi kelayakan
  3. perencanaan
  4. konstruksi
  5. pengelolaan
  6. pengawasan dan pemeliharaan

Menambah Keuntungan & Efektifitas Pekerjaan
Dengan diaplikasikannya metode pemetaan menggunakan citra satelit dan foto udara, kerugian akibat tingginya biaya pengukuran secara langsung di lapangan dan lamanya waktu yang diperlukan dapat ditekan. Keuntungan perusahaan bertambah dan waktu yang dihabiskan dapat dialihkan untuk kegiatan-kegiatan penting lainnya.